Koperasi Fatahillah Berkah Mandiri

Berkah & Mandiri

Sejarah Munculnya Koperasi Syariah Di Indonesia

Di Indonesia, koperasi berbasis syariah atau nilai Islam hadir pertama kali dalam bentuk paguyuban usaha bernama Syarikat Dagang Islam (SDI). SDI didirikan oleh H. Samanhudi di Solo, Jawa Tengah. Adapun anggotanya berasal para pedagang muslim, dengan mayoritas pedagang batik.

Dalam konteks kemitraan dan perdagangan, koperasi tipe kemitraan modern Barat kini mirip dengan kemitraan Islam dahulu. Dan telah di praktekkan oleh umat Islam hingga abad 18. Baik bentuk syirkah Islam dan syirkah Modern, dimana kemitraan dibentuk oleh para pihak atas kesepakatan mereka sendiri untuk mencari keuntungan secara proporsional dan mutual (saling menguntungkan) berdasarkan hukum negara.

Koperasi Syariah mulai berkembang ketika banyak orang menyikapi maraknya pertumbuhan Baitul Maal Wattamwil (BMT) di Indonesia. dan ternyata BMT mampu memberi warna bagi perekonomian masyarakat terutama bagi kalangan akar rumput (grassroot).

Basis kegiatan ekonomi kerakyatan merupakan falsafah dari BMT yakni dari anggota oleh anggota untuk anggota maka berdasarkan Undang-undang RI Nomor 25 tahun 1992 tersebut berhak menggunakan badan hukum koperasi, dimana letak perbedaannya dengan Koperasi Konvensional (non-syariah) hanya terletak pada teknis operasionalnya saja, Koperasi Syariah mengharamkan bunga dan mengusung etika moral dengan melihat kaidah halal dan haram dalam melakukan usahanya. Sehingga pada tahun 1994 tercetuslah ide pendirian BMT dengan badan hukum Koperasi.

 

Sejarah Koperasi Fatahillah Berkah Mandiri (KFBM)

Koperasi Fatahillah Berkah Mandiri merupakan koperasi primer yang dibentuk sebagai tindak lanjut hasil Rapat Kerja Nasional Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) yang dimasukkan kedalam program kerja KPMI korwil Jakarta tahun 2017. Koperasi Fatahillah Berkah Mandiri beranggotakan para pengusaha muslim yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya yang berada di DKI Jakarta. Kantor Koperasi Fatahillah Berkah Mandiri beralamat di Jalan Pintu II Taman Mini, Jakarta Timur.


Warning: posix_getpwuid() has been disabled for security reasons in /home/fatahillah4421/public_html/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-direct.php on line 240